Surat Keterangan Bebas Narkoba

Kalau tidak diwajibkan, mungkin sampai sekarang saya tidak pernah punya yang namanya Surat Keterangan Bebas Narkoba, karena biasanya yang sering dibutuhkan bukan surat ini, tetapi surat keterangan sehat yang bisa didapatkan di rumah sakit  atau puskesmas terdekat.

contoh surat keterangan bebas narkoba - gambar diambil dari http://dianpurnama.blogspot.com

Surat keterangan bebas narkoba ini di Surabaya hanya bisa didapatkan di Rumah Sakit Dr. Soetomo, bagian forensik dan medikolegal di lantai 6, Gedung Baru bagian pojok. Yang harus dipersiapkan untuk mengurus surat bebas narkoba ini adalah, Kartu identitas, dan uang sudah pasti. Pastikan juga anda tidak  mengonsumsi obat-obatan, selama satu minggu terakhir. Tapi tenang saja, di sini, surat ini dibuat bukan berdasarkan hasil cek Laborator kok.

Ada beberapa jenis Surat Keterangan Bebas Narkoba, anda bisa meminta berdasarkan kebutuhan.

  1. Kelas 1 item, harga 75 ribu, biasanya digunakan untuk melamar pekerjaan di awal
  2. Kelas 2 item, harganya lupa :mrgreen: , biasanya digunakan untuk yang sedang menjalani medical check up, psychology check up, atau mental check up
  3. Kelas 3,4 item, harga 199 ribu, biasanya digunakan untuk applicant yang sudah sampai tahap akhir, jika diwajibkan membawa surat ini sebagai syarat.

Keterangan di atas didapat dari penjelasan petugas yang di sana.

Setelah menentukan pilihan, biasanya dipersilakan untuk mengambil sample urine untuk pemeriksaan selanjutnya, tapi tenang saja, anda hanya menunggu surat keterangannya diketik, tidak menunggu hasil pemeriksaan labnya. Setelah selesai bisa dibawa pulang, tentunya jika sudah membayar biaya administrasi. Sebelum itu, jika butuh memiliki kopian yang telah dilegalisir bisa mengkopi suratnya sendiri, di lantai paling bawah, pas di bawah tangga ada tempat fotocopy, lalu bisa diserahkan ke petugas kembali untuk distempel dan diberi tanda tangan yang menyatakan bahwa sesuai dengan surat aslinya. Biaya untuk legalisirnya Rp. 2500,-/lembar.

Semoga informasi ini bermanfaat.

Posted in: Uncategorized

11 thoughts on “Surat Keterangan Bebas Narkoba

  1. Rosemey Ramacinta says:

    mas mbak mohon info, itu gedung baru maksudnya gedung diagnostic center itu ya? begitu datang langsung ke lantai 6 dulu?

    • titus id says:

      @nopha
      di RSUD dr.Soetomo juga ?
      data itu (4item 199rb) saya dapatkan ketika Maret 2012 tahun lalu,
      karena perubahan tahun, ada kemungkinan pihak rumah sakit memberlakukan tarif baru
      maaf jika informasinya belum update 🙂

      jika ada update informasi silakan bisa disampaikan disini.

      nb: tarif ini bisa berbeda-beda juga tergantung kebijakan di Rumah sakit tsb.

  2. blank says:

    RSUD Sidoarjo 4 item 200 rb.. klo g salah. Awal bulan kemarin saya buat. itu belum termasuk biaya daftar 30rb+15rb.. jd total 245rb..

Leave a comment